https://jasima.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/jasima/issue/feedJurnal Komunikasi Korporasi dan Media (JASIMA)2023-11-22T00:00:00+00:00Kheyene Molekandella Boerdelux_boer@yahoo.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Komunikasi Korporasi & Media (JASIMA)</strong> 2723-0562 (Online) is a peer-reviewed journal published by Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, started in 2020. </p> <p><strong>JASIMA </strong>publishes the journal biannually in June and Desember. <strong>JASIMA</strong> clarifies ethical behavior for all parties involved, including Authors, Editor-in-Chief, Editorial Board, Reviewers, and Publisher.</p> <p dir="ltr"><strong>JASIMA</strong> provides free access for online version to support knowledge exchange globally. </p>https://jasima.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/jasima/article/view/65Aliran Informasi Serikat Pekerja Rumah Tangga Tunas Mulia dalam Mensosialisasikan RUU Perlindungan PRT2023-09-18T07:32:39+00:00Anugerah Ayu Sendariasndari29@gmail.comRosalia Prismarini Nurdiartirosanrdrt@gmail.com<p><em>The domestic workers' union (SPRT) acts as a forum for communication between domestic workers (PRT). A series of information exchange processes related to domestic workers took place in this union. One of the important pieces of information on the domestic worker union is the Draft Law on the Protection of Domestic Workers (RUU PPRT). Socialization of the PPRT Bill is needed to support the ratification of this bill into law which has been stalling in the Indonesian Parliament for 19 years. In this process there is a flow of information that allows the socialization of the Domestic Workers Bill to reach all domestic workers. This flow of information is contained in the SPRT Tunas Mulia Yogyakarta. This descriptive qualitative research reveals how and what kind of information flow in the trade unions is in socializing a bill. The case study approach was used in order to provide detailed descriptive data and to assist the socialization of the PPRT Bill as a whole. The theory used in this research is organizational communication theory which discusses the flow of information. The results of the study show that there is a flow of information (message spread, patterns, and directions) within the domestic workers' union when socializing the Domestic Workers Bill. Dissemination of messages occurs simultaneously and sequentially. The pattern of information flow found is a circular pattern, and the direction of information flow is formal (horizontal and vertical) as well as informal. SPRT Tunas Mulia has taken a series of communication approaches to socialize the PPRT Bill. This socialization was carried out so that domestic workers and the public have an understanding of the urgency of ratifying the PPRT Bill.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><strong>: </strong><em>Information flow, organizational communication, trade unions, domestic work</em></p>2023-11-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Rosalia Prismarini Nurdiarti, Anugerah Ayu Sendarihttps://jasima.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/jasima/article/view/67ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN NELANGSA SEPAK BOLA STADION KANJURUHAN DI MEDIA DETIK.COM DAN KOMPAS.COM2023-09-18T07:11:41+00:00ADIMAS SURYAadimassurya79@gmail.comANHAR FAZRIanhar.fazri@utu.ac.id<p>Indonesia memiliki keterkaitan tinggi terhadap olahraga dan media massa yang tercatat sejak abad ke-20. Setiap berita tentunya memiliki <em>framing </em>atau sudut pandang yan berbeda yang berhubungan dengan elemen berbeda dalam teks berita menjadi kesatuan. <em>Framing </em>berkaitan dengan pemaknaan dan cara seseorang memberi arti pada kejadian, yang dapat dikenali melalui petunjuk-petunjuk yang ditampilkan dari teks. Metode ini digunakan peneliti kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan atas dasar pada upaya analisis data yang dikumpulkan beberapa berita tentang nelangsa sepakbola di stadion kanjuruhan. Objek dari penelitian ini yaitu media Detik.com dan Kompas.com dalam membingkai <em>framing</em> terhadap tragedi kanjuruhan. Berita yang dianalisis sebanyak 1 berita dari masing-masing media dalam kurun waktu yang sudah ditetapkan oleh peneliti, yaitu tanggal 1 sampai 2 Oktober 2022. Media detik.com dan kompas.com pendekatan melalui Pan dan Kosicki. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mediadetik.com dan dan kompas.com sama - sama menampilkan berita tentang tragedi kanjuruhan namun yang membedakan dari segi sudut pandang yang dibingkai oleh media tersebut. Temuan ini terlihat dari pernyataan langsung yang berujung penuntutan dari tragedi kemanusian yang diungkap oleh amnesty internasional selain itu juga berlanjut pada FIFA yang dibingkai oleh media kompas.com. Berbanding terbalik dengan media detik.com peluang lebih dominan pada pihak kepolisian yang tidak memperlihat kontra pada penyalahan penggunaan gas air mata.</p>2023-11-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 ADIMAS SURYA, ANHAR FAZRIhttps://jasima.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/jasima/article/view/69Faktor Perilaku Kenakalan Remaja Pada Siswa SMA Negeri 1 Grobogan2023-09-18T06:43:42+00:00Ricky Aditya Putra115202001789@mhs.dinus.ac.idPuri Kusuma Dwi Putripuri.kusuma.dwi.putri@dsn.dinus.ac.id<p>Perilaku kenakalan remaja merupakan tantangan serius dalam konteks pendidikan dan sosial. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), perilaku kenakalan remaja mengalami peningkatan sebesar 10,7% setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara komunikasi interpersonal orang tua dan kontrol diri terhadap perilaku kenakalan remaja pada siswa SMA N 1 Grobogan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan SPSS versi 26 dengan teknik regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan kontrol terhadap perilaku kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan kontrol diri terhadap perilaku kenakalan remaja di SMA Negeri 1 Grobogan. Berdasarkan hasil nilai signifikansi diperoleh nilai 0,048 untuk X<sub>1</sub> dan 0,000 untuk X<sub>2 . </sub>Nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan artinya varaiabel komunikasi interpersonal orang tua (X<sub>1</sub>) kontrol diri (X<sub>2</sub>) secara masing-masing berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku kenakalan remaja (Y). Kemudia, berdasarkan hasil persamaan regersi pengaruh yang dihasilkan adalah pengaruh negatif, sehingga jika variabel X tinggi, maka variable Y akan menurun, begitupun sebaliknya. Pengaruh bersama dari komunikasi interpersonal orang tua (X<sub>1</sub>) dan kontrol diri (X<sub>2</sub>) terhadap perilaku kenakalan remaja (Y) sebesar 23,5%. Namun, sebesar 76,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.</p>2023-11-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Ricky Aditya Putra, Puri Kusuma Dwi Putrihttps://jasima.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/jasima/article/view/64 CONTENT ANALYSIS OF SPICE UP THE WORLD CAMPAIGN CONTENT ON GOOGLE ARTS AND CULTURE PLATFORM2023-09-18T07:52:57+00:00Farhan Rizqullah Nugrahafarhanrn17@gmail.comLisa Mardianalisa.mardiana@dsn.dinus.ac.idAstini Kumalasariastini.kumalasari@dsn.dinus.ac.id<p><em>The decline in the glory of Indonesian spices has made the government want to restore the glory of spices to the past. The government has created a campaign program called Spice Up The World in collaboration with Google, where the campaign is in the form of content uploaded to the Google Arts and Culture platform. The choice of cooperation and the use of these platforms is more effective because the content is connected to the internet, technology and is free of charge. So that it can be reached by the world community. The purpose of this study is to analyze the contents of the Spice Up The World campaign content on the Google Arts and Culture platform and to find out the contents of the message and the message form of the campaign contents. This study used a </em><em>content analysis research method with a descriptive approach. This study uses the theory of digital communication, campaigns, and 7C content analysis. Primary data was obtained from collecting Spice Up The World content documents in the form of images, symbols, text and so on using a coding method that describes the meaning of the various functions, themes and visual forms of the content. The results of the study show that 1) the form of the message is presented in the form of photos, drawings, illustrations, sound infographics, and videos, 2) the content of the message is additional information (knowledge) for the reader.</em></p>2023-11-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Farhan Rizqullah Nugraha, Lisa Mardiana, Astini Kumalasarihttps://jasima.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/jasima/article/view/63The Role and Communication Activities of Tourism Aware Communities for Tourism Promotion in Wakatobi Regency2023-09-18T07:46:03+00:00riki arswendiriki.arswendi@mercubuana.ac.id<p>Abstrak</p> <p>Industri pariwisata mengalami keterpurukan di masa pandemic covid 19 sejak tahun 2020 hingga 2023. Padahal tahun 2018 dan 2019 mencatatkan prestasi angka kunjungan wisatawan di Indonesia. Hal ini mendorong pemerintahan membuat program 10 destinasi wisata unggulan Bali baru termasuk Wakatobi. Salah Satu Non Government Organisation (NGO) yang aktif dalam melakukan promosi adalah Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Wakatobi yang aktif berbagai informasi mengenai aktivitas dan potensi pariwisata Wakatobi melalui akun instagramnya. Bahkan lebih aktif dari institusi pemerintahan. Bagaimana peran dan aktivitas komunikasi pemasaran pariwisata apa yang dilakukan oleh komunitas ini menjadi fokus dari riset ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Konsep komunikasi pariwisata Burhan Bungin dan manajemen sosial media digunakan untuk menguraikan fenomena yang ada. Hasil temuan menunjukkan bahwa peran Genpi Wakatobi sebagai konten creator di sosial media Instagram. Selain Instagram, Genpi juga melakukan kolaborasi dengan dinas pariwisata wakatobi, komunitas NGO, komunitas desa wisata dan institusi pendidikan SMP/SMA.</p> <p>Kata Kunci: komunikasi pariwisata, komunitas sadar wisata, Genpi, promosi wisata, Instagram</p> <p><em>Abstract</em></p> <p><em>The tourism industry has experienced a slump during the Covid 19 pandemic from 2020 to 2023. Even though 2018 and 2019 recorded achievements in the number of tourist visits in Indonesia. This prompted the government to create a programme of 10 new Bali flagship tourist destinations including Wakatobi. One Non Government Organisation (NGO) that is active in conducting promotions is Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Wakatobi, which actively shares information about Wakatobi's tourism activities and potential through its Instagram account. Even more active than government institutions. How the role and tourism marketing communication activities carried out by this community are the focus of this research. This research is a qualitative study using a constructivist paradigm. Burhan Bungin's concept of tourism communication and social media management are used to describe the phenomenon. The findings show that Genpi Wakatobi's role as a content creator on Instagram social media. In addition to Instagram, Genpi also collaborates with the Wakatobi tourism office, the NGO community, the tourist village community and junior / senior high school educational institutions. </em></p> <p><em>Keywords: tourism communication, tourism awareness community, Genpi, tourism promotion, Instagram</em></p>2023-11-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 riki arswendi