Main Article Content

Afita Nur Hayati

Abstract

This article aims to highlight denotation and conotation meaning of sign of dilarang berpacaran that is on Samarinda city parks.  City parks that is taken are public sphere, iconic, dan near from another public spaces.  Analysis of semiotics from Roland Barthes is used as method.  Datas taken through interview with city parks visitors, observations and secondary sources with results : 1) city parks as a form of ruang terbuka hijau (green open space) have two functions, ecology and social, 2) sign of dilarang berpacaran is normative semiotics and cultural semiotics.

Article Details

How to Cite
Nur Hayati, A. (2021). Semiotics on the Prohibited Dating Sign (Study in Three City Parks: Smart Park, Samalow Park, and Islamic Park). Jurnal Komunikasi Korporasi Dan Media (JASIMA), 2(1), 114–128. https://doi.org/10.30872/jasima.v2i1.26
Section
Articles

References

Afwadzi, Benny. 2014. “Teori Semiotika Komunikasi Hadis Ala Umberto Eco”. Mutawatir : Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith 4 (2):179-210. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2014.4.2.179-210.

Andrianto, Novan, Muhammad Arief Setyadi, Yuliani Rachma Putri, Asaas Putra, Leonard Rio DB Rumthe, Zulaikha Zulaikha, Radita Gora, and Cutra Aslinda. 2018. “Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Sebagai Representasi Nilai Kemanusiaan Dalam Film the Call Analysis of Ferdinand.” E-Proceeding of Management 5 (1): 1251–58.

Canditra Sultanatta, Siti Maryam. 2018. “Analisis Semiotika Logo Brodo Footweardi Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes)” 1 (1) : 153-174. http://dx.doi.org/10.33822/jep.v1i01.448

Ernawati. 2019. “Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual.” Deskovi: Art and Design Journal 2 (1): 27–34.

Griffin, et.al,. 2019. A First Look At Communication Theory.10th edition. New York : McGrawHill

Hamidah, Hamidah, and Ahmad Syadzali. 2016. “ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TENTANG FENOMENA JILBOOBS.” Jurnal Studia Insania 4 (2). IAIN Antasari: 117. doi:10.18592/jsi.v4i2.1124.

Ian Handani, Suzy Azeharie. 2019. “Analisis Semiotika Tato Tradisional Suku Mentawai.” Jurnal Koneksi 3 (2): 49-55. doi: 0.24912/kn.v3i1.6144

Hidayat, Rahmat. 2014. “Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu ‘Laskar Pelangi’ Karya Nidji.” EJournal Ilmu Komunikasi 2 (1): 243–58.

Ida, Rachmah. 2014. “Metode Penelitian Studi Media Dan Kajian Budaya Cet. II.” In Metode Penelitian Studi Media Dan Kajian Budaya Cet. II., 62. Predana Media Group.

Kusuma, Putu Krisdiana Nara, dan Iis Kurnia Nurhayati. 2019. “ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA RITUAL OTONAN DI BALI.” Jurnal Manajemen Komunikasi 1 (2). Universitas Padjadjaran: 195. doi:10.24198/jmk.v1i2.10519.

Kusumastutie, Naomi Srie dan Faturochman MA. 2004. “SEMIOTIKA UNTUK ANALISIS GENDER PADA IKLAN TELEVISI.” Buletin Psikologi 12 (2). doi:10.22146/bpsi.7473.

Neuman, W. 2006. Social Research Methods Qualitative and Quantitative, 6th Edition. America.

Noveri Faikar Urfan. 2018. “SEMIOTIKA MITOLOGIS SEBUAH TINJAUAN AWAL BAGI ANALISIS SEMIOTIKA BARTHESIAN.” Source : Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (2) : 45-54. https://doi.org/10.35308/source.v4i2.921.

Piliang, Yasraf Amir. 2004. “Semiotika Teks : Sebuah Pendekatan Analisis Teks.” MediaTor Vol 5 No. 2 : 189–98.

Prasojo, Dading. 2014. “Analisis Semiotika Film ‘?’” The Messenger Vol 6, No 1 : 8-13.http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.162

Pujiati, Tri. 2015. “Analisis Semiotika Struktural Pada Iklan Top Coffee.” Jurnal Sasindo Unpam 3: 1–22.

Purwasito, Andrik. 2007. “Analisis Semiologi Komunikasi Sebagai Tafsir Pesan.” Jurnal Komunikasi Massa 1 (1): 65–81.

Rachmani, Nur. 2015. “Analisis Semiotika Iklan Ades Versi ‘Langkah Kecil Memberikan Perubahan’ Dalam Menyingkap Pesan Tersembunyi Tentang Kepedulian Lingkungan Hidup.” E-Journal Komunikasi 3 (2).

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Soga, Zainuddin, dan Hadirman Hadirman. 2018. “SEMIOTIKA SIGNIFIKANSI: ANALISIS STRUKTUR DAN PENERAPANNYA DALAM ALQURAN.” Aqlam: Journal of Islam and Plurality 3 (1). IAIN Manado. doi:10.30984/ajip.v3i1.632.

Sudarto, Anderson Daniel, Max Rembang, and Jhony Senduk. 2015. “Analisis Semiotika Film ‘Alangkah Lucunya Negeri Ini.’” Acta Diurna IV (1): 2.

Sumbo Tinarbuko, . 2003. “Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual.” Nirmana 5 (1): 31–47.

Sriadi, Dkk. 2015. “Kecerdasan Tradisional Dalam Mitigasi Bencana Erupsi Pada Masyarakat Lereng Baratdaya Gunungapi Merapi.” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 12 (2). Universitas Negeri Yogyakarta. doi:10.21831/socia.v12i2.12240.

Sya’Dian, Triadi. 2015. “Analisis Semiotika Pada Film Laskar Pelangi.” Jurnal Proporsi 1: 51–63.

Thibburruhany. 2019. “Analisis Semiotika Charles S. Pierce terhadap Iklan Politik

Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi.” LENTERA vol 3, (1) : 21-39.

Tinarbuko, Sumbo. 2017. “Semiotika Tanda Verbal Dan Tanda Visual Iklan Layanan Masyarakat.” Panggung 26 (2). Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. doi:10.26742/panggung.v26i2.175.

Tyas, Fitri Yaning. 2013. “Analisis Semiotika Motif Batik Khas Samarinda.” EJournal Ilmu Komunikasi 1 (4): 328–39.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor : Ghalia Indonesia.

Wibowo, I. 2019. Semiotika Komunikasi : Aplikasi Praktis Bagi Penelitian Dan Skripsi Komunikasi. Hilos Tensados. Vol. 1.

Yudha Almerio Pratama Lebang. 2017. “Analisis Semiotika Simbol Kekuasaan Pada Rumah Adat Toraja (Tongkonan Layuk).” In , I055–62. Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia. doi:10.32315/ti.6.i055.

Yoyon Mudijiono. 2011. “Kajian Semiotika Dalam Film.” Ilmu Komunikasi 1 (1): 123.

Yuliantini, Yanti Dwi; Adita Widara Putra. 2017. “Semiotika Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye.” Jurnal Literasi 1 (2): 65–72.

http://disperkim.semarangkota.go.id/index.php/post/read/25/Keberadaan-Taman-Kota-sebagai-Pembentuk-Budaya-Sehat-Kolektif-bagi-Masyarakat-Perkotaan-di-Indonesia

https://www.celebes.co/borneo/taman-samarinda

http://harnas.co/2018/01/05/penjaga-taman-kota

https://www.indozone.id/news/d5s9DA/kebudayaan-kalimantan-timur-yang-beragam

https://kumparan.com/karjaid/4-tempat-ikonik-di-kota-samarinda-1