MANAJEMEN MARKETING PUBLIC RELATION GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG 2021
Main Article Content
Abstract
Gembira Loka Zoo Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata kebun binatang dan kebun raya di Yogyakarta yang terpilih secara nasional untuk beroperasional kembali di masa pandemi covid-19 tepatnya di tahun 2021. Disinilah pentingnya peran dan kematangan dari manajemen marketing public relation dalam kaitannya melakukan aktivitas pemasaran yang mampu meningkatkan kepercayaan dan menarik perhatian publik untuk berkunjung ke GL Zoo Yogyakarta di masa pandemi terlebih pada tahun 2021. Pada ranah marketing public relationnya, public relation GL Zoo Yogyakarta di masa pandemi covid-19 menetapkan adanya kenaikan harga tiket serta penolakan sementara waktu terhadap pengunjung yang berasal dari wilayah zona merah.
Hasil dari penelitian ini adalah tahapan dalam manajemen humas GL Zoo telah mampu memaksimalkan kegiatan marketing humasnya mulai dari segi publikasi, berita, acara, identitas media, sponsor, dan aktivitas pelayanan publik. Sehingga secara perlahan penerapan manajemen marketing humas GL Zoo telah berhasil mendorong dan menarik jumlah pengunjung di masa pandemi meski belum sepenuhnya setara dibandingkan tahun sebelum covid-19.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
References
DAFTAR PUSTAKA
Bungin, B, 2011, Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta, Kencana.
Bungin, B, 2005, Analisis Data Kualitatif, Jakarta, Prenada Media.
Don E. S., Stanley I, T., and Robert F. Lauterborn, 1997, „Integrated Marketing Communication: Putting It Together & Making It Work‟, Journal Academy of Marketing Science.
Emzir, 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data, Jakarta, Rajawali Pers.
Gunawan, I, 2013, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Jakarta, Bumi Aksara.
Juliansyah, E, 2008, Promosi Public Relation, Bandung, Bandar Maju.
Kasali, R, 2005, Manajemen Public Relations : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta, Pustaka Utama Grafiti.
Kasali, R, 1992, Manajemen Periklanan Konsep dan aplikasinya Di Indonesia, Jakarta, Pustaka Utama Grafiti.
Kotler, P & Armstrong, G, 1997, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta, Erlangga. Mantra, I, Bagoes, 2008, Filsafat Penelitian & Metode Penelitian Sosial,
Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Milles & Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta, Universitas Indonesia Press.
Moleong, 2010, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Remaja Rosdakarya Morrisan, M, A, 2008, Manajemen Public Relations, Jakarta, Kencana.
Morrisan, 2008, Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Proffesional, Jakarta, Kencana, h. 108-109.
Rumanti, A, Maria, 2002, Dasar-Dasar Public Relation, Jakarta, PT. Grasindo.
Ruslan, R, 2010, Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikas, Edisi revisi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R, 2003, Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi, Bandung, Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R, 2012, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada
Ruslan, R, 2007, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R, 2007, Manajemen Public Relation dan Media komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R, 2002, Manajemen Humas & Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi,
Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R, 2006, Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi, Jakarta, Rajawali Pers.
Ruslan, R, 2005, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R, 2001, Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi, Jakarta, Rajawali Pers.
Ruslan, R, 2007, Manajemen Public Relatios dan Media Komunikasi, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung , Alfabeta.
Tjiptono, F, 2008, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Andi Yogyakarta Tjiptono, F, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Yogyakarta, Andi.
Lusiana, Mondra Neldi, & Sigit Sanjaya, 2021, “Analisis Investasi Sektor Pariwisata, Jumlah Objek Wisata, Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Retribusi Kawasan Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kota Padang”, Jurnal Riset Akutansi dan Keuangan, 9(1), 2021, h. 25-34
Meureta Ayu Priscilia. (2020). „Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan: Studi Kasus di Desa Wisata Gunungsari Kabupaten Madiun‟. Skripsi. Jurusan Komunikasi dna
Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Diakses dari http://etheses.iainponorogo.ac.id/10859/1/MEURETA-KPI%20UP%20E- THESIS.pdf
Mudillah. (2016). „Strategi Marketing Public Relation Jenahara Dalam Memasarkan Busana Muslim‟. Skripsi. Fakultas Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33674
Mar‟atul Fahimah & Aulya Rosida . (2021). „Pengaruh Integreted Marketing Communication Terhadap Minat Berkunjung Pada Destinasi Wisata Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Wisata Kandang Sapi Wonosalam Jombang). Jurnal Ecoment Global. Diakes dari http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1550
Cynthia Tirtaadmaja. (2014). „Strategi Marketing Public Relation Living World dalam Menarik Pengunjung (studi kasus: special event „the living dinosaur‟ periode 21 juni s/d 7 juli 2013)‟. Thesis. Diakses dari https://kc.umn.ac.id/1302/
Mudillah. (2016). „Strategi Marketing Public Relation Jenahara Dalam Memasarkan Busana Muslim‟. Skripsi. Fakultas Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33674
Idrawati, R, 2016, „Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta‟, Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta. Diakses dari http://repo.apmd.ac.id/172/
Doni. (2021). „Presiden : PPKM Mikro Kebijakan Paling Tepat Untuk Saat Ini”. Kementerian Komunikasi dan Informatika. Diakses dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/35224/presiden-ppkm-mikro- kebijakan-paling-tepat-untuk-saat-ini/0/berita
Kulsum, K 2021, Wisata Aman : Kebijakan Sektor Pariwisata di Tengah Pandemi
Covid‟19, Kompaspedia, dilihat 18 September 2021,
https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/wisata-aman-kebijakan- sektor-pariwisata-di-tengah-pandemi-covid-19
Winarto, Y, 2020, KLHK buka terbatas 29 Kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam, dan Suaka Margasatwa, Kontan.co.id, Diakses 01 Oktober 2021, https://nasional.kontan.co.id/news/klhk-buka-terbatas-29-kawasan- taman-nasional-taman-wisata-alam-dan-suaka-margasatwa?page=2