Main Article Content

ADIMAS SURYA
ANHAR FAZRI

Abstract

Indonesia memiliki keterkaitan tinggi terhadap olahraga dan media massa yang tercatat sejak abad ke-20. Setiap berita tentunya memiliki framing atau sudut pandang yan berbeda yang berhubungan dengan elemen berbeda dalam teks berita menjadi kesatuan. Framing berkaitan dengan pemaknaan dan cara seseorang memberi arti pada kejadian, yang dapat dikenali melalui petunjuk-petunjuk yang ditampilkan dari teks. Metode ini digunakan peneliti kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan atas dasar pada upaya analisis data yang dikumpulkan beberapa berita tentang nelangsa sepakbola di stadion kanjuruhan. Objek dari penelitian ini yaitu media Detik.com dan Kompas.com dalam membingkai framing terhadap tragedi kanjuruhan. Berita yang dianalisis sebanyak 1 berita dari masing-masing media dalam kurun waktu yang sudah ditetapkan oleh peneliti, yaitu tanggal 1 sampai 2 Oktober 2022. Media detik.com dan kompas.com pendekatan melalui Pan dan Kosicki. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mediadetik.com dan dan kompas.com sama - sama menampilkan berita tentang tragedi kanjuruhan namun yang membedakan dari segi sudut pandang yang dibingkai oleh media tersebut. Temuan ini terlihat dari pernyataan langsung yang berujung penuntutan dari tragedi kemanusian yang diungkap oleh amnesty internasional selain itu juga berlanjut pada FIFA yang dibingkai oleh media kompas.com. Berbanding terbalik dengan media detik.com peluang lebih dominan pada pihak kepolisian yang tidak memperlihat kontra pada penyalahan penggunaan gas air mata.

Article Details

How to Cite
SURYA, A. ., & FAZRI, A. . (2023). ANALISIS FRAMING PADA PEMBERITAAN NELANGSA SEPAK BOLA STADION KANJURUHAN DI MEDIA DETIK.COM DAN KOMPAS.COM. Jurnal Komunikasi Korporasi Dan Media (JASIMA), 4(2), 80–99. Retrieved from https://jasima.fisip-unmul.ac.id/site/index.php/jasima/article/view/67
Section
Articles

References

Alrizki, D., & Aslinda, C. (2022). Analisis Framing Pemberitaan Indonesia Tidak Lockdown Di Kompas. Com Dan Detik. Com. Journal Of Political Communication And Media, 1(01), 24-36.

Alyusi, S. D. (2019). Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. Prenada Media.

Dewi, N. Y. (2022). Analisis Framing Pemberitaan Vonis Hukuman Mati Herry Wirawan Pemerkosa Santriwati Di Media Online Detik. Com Dan Cnnindonesia. Com Edisi April 2022 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Fikri, R. (2022). Wacana Kekerasan Suporter Sepakbola Di Media: Studi Pada Kompas. Com Dalam Berita Kematian Haringga Sirla.

Huda, A. S. (2017). Pembingkaian Berita Reklamasi Teluk Jakarta (Analisis Framing Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki Mengenai Pemberitaan Reklamasi Teluk Jakarta Pada Media Online Tempo. Co Dan Media Online Kompas. Com Edisi 1 Juli 2016) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Lubis, T. H., & Koto, I. (2020). Diskursus Kebenaran Berita Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers Dan Kode Etik Jurnalistik. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 5(2), 231-250.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pradyanti, A., Venus, A., & Mahdalena, V. (2020). Framing News About Indonesian Capital City Translocation by Online Media Okezone. com and Viva. co. id. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (DECA), 3(02), 124-134.

Resmiati, E. (2018). Analisis Framing Pan dan Kosicki Terhadap Kasus Salim Kancil Media Kompas TV dan TV One (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945).

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik online: Panduan mengelola media online. Nuansa Cendekia.

Rustiana, M. R. (2023). Frame Berita Migrasi Tv Analog Ke Tv Digital (Analisis Framing Model Robert N. Entman Pada Situs Berita Kompas. Com Dan Detik. Com) (Doctoral Dissertation, Universitas Nasional).

Sahroni, O. (2022). Pemberitaan Kasus Afiliator Indra Kenz Dan Doni Salmanan Terkait Penipuan Dan Penggelapan Uang Berkedok Investasi (Analisis Framing Zhongdang Pan Dan Gelarld M. Kosicki Pada Media Online Kompas Dan Republika) (Doctoral Dissertation, Universitas Nasional).

Tridona, B. (2016). Analisis Framing Pemberitaan Konflik Gubernur DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta di Media Online (Analisis Framing Pada Media Online Kompas. com Dan Detik. com Periode 27 Februari–10 Desember 2015).

Trisnawati, R. (2022). Analisis Framing Pada Pemberitaan Pembahasan Rancangan Undang-Undang Ite Pornografi Di Media Online Detik. Com Dan Republika Online Periode Juni 2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Nasional).

Zulfitra, M. Z. (2023). Analisis Framing Pemberitaan Korupsi Petinggi Organisasi Aksi Cepat Tanggap (Act) Di Media Tempo. Co Dan Liputan6. Com (Doctoral Dissertation, Prodi Ilmu Komunikasi).