Faktor Perilaku Kenakalan Remaja Pada Siswa SMA Negeri 1 Grobogan
Main Article Content
Abstract
Perilaku kenakalan remaja merupakan tantangan serius dalam konteks pendidikan dan sosial. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), perilaku kenakalan remaja mengalami peningkatan sebesar 10,7% setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara komunikasi interpersonal orang tua dan kontrol diri terhadap perilaku kenakalan remaja pada siswa SMA N 1 Grobogan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan SPSS versi 26 dengan teknik regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan kontrol terhadap perilaku kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dan kontrol diri terhadap perilaku kenakalan remaja di SMA Negeri 1 Grobogan. Berdasarkan hasil nilai signifikansi diperoleh nilai 0,048 untuk X1 dan 0,000 untuk X2 . Nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha sebesar 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan artinya varaiabel komunikasi interpersonal orang tua (X1) kontrol diri (X2) secara masing-masing berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku kenakalan remaja (Y). Kemudia, berdasarkan hasil persamaan regersi pengaruh yang dihasilkan adalah pengaruh negatif, sehingga jika variabel X tinggi, maka variable Y akan menurun, begitupun sebaliknya. Pengaruh bersama dari komunikasi interpersonal orang tua (X1) dan kontrol diri (X2) terhadap perilaku kenakalan remaja (Y) sebesar 23,5%. Namun, sebesar 76,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
- for any purpose, even commercially.
References
Afrita, F., & Yusri, F. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.101
Akhyar, Y., & Marliana Fitri, E. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMP. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 123–129. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.472
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc., New Jersey.
Een, Tagela, U., & Irawan, S. (2020). Jenis-Jenis Kenakalan Remaja Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Di Desa Merak Rejo Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 30–42. https://doi.org/10.30598/jbkt.v4i1.1453
Erdiyanti, Y. P. (2018). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Berprestasi Akademik Dalam Pembentukan Karakter Yang Positif Dan Minat Belajar. Jurnal Universitas Majalengka, 1(2), 1–13.
Imarotussolikhah, & Putri, P. K. D. (2023). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN GURU SISWA SLB (SEKOLAH LUAR BIASA) DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID – 19. 10(3), 1–14.
Jayanti, L., Suarni, W., & Sunarjo, I. S. (2022). Kontrol Diri Terhadap Kenakalan Remaja. 3(2), 102–110.
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Edukasi Nonformal, 1(2), 147–158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434
Kharisma, E. S. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR SONG JOONG KI TERHADAP BRAND LOYALTY PRODUK SCARLETT WHITENING.
Komar, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Komunikasi Interpersonal Orangtua dengan Anak Terhadap Kenakalan Remaja Pada Siswa ( Studi Kasus SMP Negeri 2 Salapian ). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 20–38.
Maharani, A. D. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang.Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Mardliyah, H., Suhendri, & Ajie, G. R. (2019). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN REMAJA DI KELURAHAN SAMBAN Hijrotul. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 4(2), 72–77.
Rahmadani, S., & Okfrima, R. (2022). Hubungan Kontrol Diri Dengan Kenakalan Remaja. Psyche 165 Journal, 15(2), 74–79. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i2.164
Rini, W. (2020). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Kenakalan Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(3), 513–528. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5380
Siallagan, A. M., Derang, I., & Nazara, P. G. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Stikes Santa Elisabeth Medan. Jurnal Darma Agung …. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/952
Sidin, A. I., & Della, R. H. (2021). Perilaku Organisasi. In A. Zarkasyi & A. Ariyanto (Eds.), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (1st ed.). Literasi Nusantara. https://repository.unsri.ac.id/53105/1/Perilaku Organisasi Revisi Final.pdf
Waliyatun, K. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP PENANAMAN AKHLAK KARIMAH SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 BATANGHARI. 1–104. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders